Minggu, 22 Mei 2016

puisi "Cinta dalam Ilmu Filsafat" - Seni Sastra

" CINTA dalam ILMU FILSAFAT "



Tahukah kau saat ini aku berfilsafat pada cinta kita
aku merenung secara metodik, sistematik, menyeluruh dan universal
unuk mencari hakikat sebenarnya cinta kita, 
seperti arti kata filsafat yaitu cinta pada kebijaksanaan atau kebenaran yang hakiki,
aku pun begitu mencoba untuk mengetahui kebenaran hakiki dalam cinta kita

Saat kita melihatnya dalam metafisika
aku mulai  mengerti bahwa cinta ini memang tulus 
dan tanpa ada yang memaksa kita untuk saling mencintai

Dasar ontologi cinta kita adalah kita sendiri
yang memiliki hakikat untuk saling membutuhkan dan ingin saling melengkapi

Tapi yang tak aku mengerti adalah aspek epistemologi hubungan ini,
aku tak mengerti syarat-syrata dan proses terjadinya cinta kita
karena semua itu mengalir dengan apa adanya dan yang paling aku pahami dari sini
setelahnya adalah aku tak ingin kau tinggalkan sendiri dan berharap
kau selalu mengingatku walau kita di tempat yang sama

Aksiologi mempunyai arti nilai, manfaat, pikiran dan ilmu,
kita tahu aksiologi dalam filsafat cinta kita bukan hanya bersifat material saja
tetapi juga bersifat non material

Dengan begitu nilai non material dalam aksiologi cinta kita
hanya dapat diukur dan dimengerti menggunakan hati nurani kita masing-masing
yang akan dibantu oleh indra kita sebagai pelengkapnya
yaitu cipta, rasa, karya serta keyakinan kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar