Minggu, 22 Mei 2016

Macam-Macam Seni

Nah, setelah artikel sebelumnya kita ngulik seputar makna "Dunia Seni". Kini saatnya kita harus mengetahui beragam seni yang ada di dunia, khususnya karya seni yang terlahir dari bangsa kita Indonesia. 

Pada umumnya segala sesuatu yang terlihat indah dan mengesankan ialah seni, namun cara menangkap kesan dan menghasilkan kesan tersebut harus melihat perbedaan berbagai seni seperti beberapa macam seni berikut yaitu:

a. Seni Rupa


Seni Rupa di atas merupakan klasifikasi bentuk Seni Lukis yang menggambarkan keadaan Paris, Prancis dengan keberadaan Menara Eiffel. 

Seni Rupa ini merupakan satu dari berbagai cabang kesenian yang mempunyai wujud pasti (berkualitas, ekspresif, dan memiliki nilai keindahan) serta memanfaatkan unsur rupa yang diklasifikasikan ke dalam bentuk gambar, lukis, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, dan multimedia.  

Seni Rupa meliputi kemampuan memahami, dan berkarya lukis, kemampuan memahami dan membuat patung, kemampuan memahami dan berkarya grafis, kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan, serta kemampuan memahami dan berkarya atau membuat sarana mulltimedia

Seni Rupa telah ada sejak dimulai zaman animisme dan dinamisme zaman sekarang. Seni Rupa secara performatif mempresentasikan wujud kasat mata yang dipertimbangkan secara sinergis melalui media sebagai dasar perwujudan rupa. Seni Rupa intinya adalah sebuah karya seni rupa yang membuat bentuk sehingga dapat dinikmati oleh indera mata atau secara visual.

b. Seni Musik

source : smp14depok.weebly.com

Seni Musik di atas termasuk kategori seni musik modern dimana tergambarkan alat musik gitar, biola, mikrofon dan drum. 

Seni Musik ialah hasil ciptaan/karya manusia yang menghasilkan bunyi ritme dan harmoni yang indah bagi pendengarnya. Bunyi yang dihasilkan oleh seni musik merupakan hasil dari suara manusia contohnya menyanyi, akapela, beatbox atau juga dapat dihasilkan dari alat bantu seperti alat musik baik modern contohnya gitar, piano, dsb maupun alat musik tradisional contohnya kecapi, suling, angklung dan alat musik lainnya.

c. Seni Tari

source : artikelkomputer2014.blogspot.com

Seni Tari di atas merupakan Seni Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat. Seni Tari merupakan hasil ciptaan/karya manusia yang mengkreasikan gerakan tubuh dalam menghasilkan keindahan bagi yang melihatnya. Dengan seni tari, manusia menggunakan bagian-bagian tubuh mereka seperti tangan, kaki, mata, badan dan lainnya dalam mengkomunikasikan ekspresi rasa dan bentuk keindahan. Keindahan tari terletak pada kebahagian, kepuasaan, baik itu dari koreografer, peraga dan penikmat atau penonton. 

Seni Tari meliputi tari tradisional dan tari garapanSeni Tari ini sering dipadukan dengan Seni Musik dan Seni Rupa untuk melengkapi penyampaian rasa yang ada.

d. Seni Teater

source : jogjanews.com

Seni Teater di atas merupakan salah satu Pentas teater "Kisah Perjuangan Suku Naga" oleh Teater Jubah Hitam di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. 

Seni Teater ialah hasil ciptaan/karya manusia dalam menvisualisasikan imajinasi atau gambaran- gambaran yang ada dalam pikirannya berhubungan dengan tingkah laku manusia baik sebagai individu, kelompok ataupun bermasyarakat. Seni teater juga sebagai bagian dari integral kesenian untuk memiliki media ungkap suara dalam wujud seni peran. Cara atau teknik ini lebih mengutamakan terciptanya casting, pembawaan, diksi, intonasi, pengaturan laring dan faring secara konsisten adalah bagian yang sangat penting dari profesionalitas profesi yang harus dimiliki.

Seni Teater, layaknya Seni Tari sering dipadukan dengan Seni Rupa dan Seni Musik dan bahkan juga memasukkan Seni Tari sehingga pesan yang diinginkan dapat tersampaikan kepada penikmat seni itu sendiri. 

Lalu seni yang berbentuk tulisan dan kaligrafi masuk dimana?

e. Seni Sastra

source : perpustakaancyber.blogspot.com

Seni Sastra di atas ialah tulisan tangan yang menggambarkan ilustrasi saat perang di Kurukshetra dalam kitab Mahabharata.

Seni Sastra merupakan segala bentuk hasil daya kreasi manusia yang dinikmati segi visual dan dari makna yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan Seni Sastra menggambarkan keindahan dalam bentuk kata kata, baik itu dituliskan ataupun disuarakan. Contohnya tulisan, puisi dan kaligrafi

Demikianlah sekilas artikel singkat mengenai macam-macam seni. Semoga berguna bagi kalian untuk menambah wawasan dan menjawab pertanyaan seputar seni dengan beragam seni yang ada. Maka dapat diakumulasikan mana cabang seni yang paling kalian senangi dalam bentuk karya seni yang pernah kalian buat atau kalian kenali.
" SENI ITU INDAH, SENI ITU ART "

sumber : 
http://www.artikelsiana.com/2015/09/pengertian-seni-fungsi-macam-macam-seni.html#
http://urusandunia.com/macam-macam-seni/
https://anomsanurianita.wordpress.com/macam-macam-seni/
http://www.apapengertianahli.com/2015/08/pengertian-seni-dan-macam-macam-seni.html#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar